1. Memories of Murder (Bong Joon Ho, 2003)
Song Kang-Ho (Parasite, The Host) sebagai detektif kota kecil yang kasar dan pemabuk dalam sebuah korean-noir karya Bong Joon Ho tentunya tidak akan kamu lewatkan begitu saja. Bong Joon Ho membuktikan kepiawaiannya sebagai seorang auteur di film ini, yang juga terinspirasi dari kasus serial killer pertama di Korea, dimana identitas sang pembunuh baru saja ketahuan 2019 akhir kemarin. 



2. The Yellow Sea (Na Hong Jin, 2010)
Siapa sangka cerita mengenai seorang supir taksi yang mencari istrinya akan escalate seperti ini? Epic violent fights bertemu dengan raw oldschool detective noir. Kalau kamu hanya akan menonton satu film saja dari list ini, tontonlah The Yellow Sea. Bleak high-level filmaking.



3. Oldboy (Park Chan Wook, 2003)
Ini adalah film korea favorit Quentin Tarantino, dan itu cukup menjelaskan konten dari film ini. Oh Dae Su (yang diperankan oleh Choi Min Sik) diculik dan dipenjara selama 15 tahun. Now he’s out and he wants sweet revenge. Salah satu scene iconic yang fantastis dari film ini adalah scene perkelahian berdurasi 2 menit yang di shoot secara one take, dan membutuhkan 3 hari untuk shootingnya! Dan tentunya plot twist tragedi Yunani versi neo-noir yang akan membuat kamu mual saat beres menontonnya. 



4. I Saw the Devil (Kim Jee Woon, 2010)l
Choi Min Sik (Oldboy) sebagai seorang serial killer yang kerap diburu (dan dilepas kembali untuk diburu lagi) oleh Lee Byung Hun sepanjang film tentunya adalah sebuah tontonan yang menarik. Rape, raw violence, kidnapping & torture, it’s all here. Delicious revenge rampage!  



5. The Chaser (Na Hong Jin, 2008)
One of the best Korean noir that i’ve ever seen. Lagi-lagi ini adalah karya Na Hong Jin, auteur dari The Yellow Sea (2010) dan  The Wailing (2016). Kali ini bercerita mengenai seorang ex-polisi yang menjadi germo, dan seorang serial killer yang targetnya adalah wanita-wanita panggilan. Menariknya, tidak seperti film thriller lain, antagonis di film ini sudah tertangkap di awal-awal film, hence the title if you know what i mean. 
HONORABLE MENTIONS: Mother (2009), The Man from Nowhere (2010), J.S.A.: Joint Security Area (2000), The Wailing (2016), No Mercy (2010)