Kolaborasi-kolaborasi Aimé Leon Dore adalah legenda. Setelah me-reinvent New Balance dengan kolaborasi sebelumnya, dan menghasilkan koleksi yang langsung sold out dengan Woolrich, kali ini mereka berkolaborasi dengan brand mobil klasik: Porsche. Ya, ini bukan hiperbola. Menyebut kolaborasi Aimé Leon Dore sebagai sesuatu yang legendaris adalah fakta. Karena sepertinya lebih gampang menemukan loch ness dan bigfoot daripada membeli drop-drop kolaborasi mereka yang biasanya sold out secara instan.



Meneruskan kolaborasi ALD dan Porsche yang sebelumnya telah terjadi pada awal 2020, kini mereka telah merilis sebuah video teaser yang menunjukkan 911 Porsche Carrera 4 type 964 yang di custom oleh team ALD, yang tentunya akan membuat “becek” para fans dari kedua brand keren tersebut. Dicustom secara elegan oleh Teddy Santis, owner dari ALD, mobil Porsche ini tampak semakin elegan (sepertinya tanpa dicustom pun Porsche ini sudah elegan). Dilengkapi koleksi pakaian seperti jaket, pullovers, T-Shirt grafis dan aksesoris dengan bahan kulit Schott dan bahan wool yang di craft oleh Loro Piana. Kolaborasi ini meneruskan ketertarikan ALD dengan brand-brand otomotif yang belakangan ini sedang marak kolaborasinya: KITH X BMW, Yohji Yamamoto X Lamborghini dan Virgil Abloh X Mercedes-Benz. 


Mobil 911 Porsche Carrera 4 type 964 ini adalah sebuah design sentral dalam partnership ALD X Porsche ini. Label asal New York ini merestorasi dan mengcustom 911 Porsche Carrera yang pertama kali diperlihatkan ke publik dan media di New York Fashion Week 2020 dengan restorasi 911 Super Carrera-nya. Founder dan creative director ALD, Teddy Santis telah merealisasikan mimpinya dengan 911 berwarna olive green yang memiliki kenangan personal dengan keluarganya. Dengan restorasi dan kustomisasi ini, Teddy ingin memperlihatkan Porsche dengan intimasi lain dengan ciri khas ALD. Masa kecil Teddy di Yunani dan visi bahwa benda-benda yang semakin antik akan terlihat keren ditumpahkannya pada design-design di kolaborasi ini. Mobil 911 SC ini akan memiliki colorways eksterior olive green ala pabrik Porsche, lampu auxilliary pada bonnetnya, 16” ban pabrik Fuchs dan roof rack yang fungsional. Interior kendaraan ini juga di custom penuh dengan kombinasi kulit sapi, karpet Persia vintage sebagai floor mats dan panel pintu bawah yang menggunakan suede dari banteng Buffalo. Menariknya, driver seat menggunakan finishing Recaro wooden beads selain kulit full grain dibawahnya. Porsche ini juga di display di flagship store mereka di Mulberry dari 21 Mei sampai 23 Mei kemarin.





Aimé Leon Dore adalah sebuah brand fashion dan lifestyle yang dibuat pada tahun 2014 dan berbasis di Queens, New York. Teddy Santis selalu terinspirasi oleh kehidupan sehari-hari dan kultur jalanan dalam merepresentasikan produk-produknya.  Dengan ciri khas yang clean dan estetika klasik, ALD membawa men’s fashion ke level selanjutnya. Dengan apresiasi dan visi yang tepat dari pihak ALD, Porsche pun tidak berpikir panjang untuk berkolaborasi dengan mereka. Menurut Teddy Santis, kolab ini adalah sebuah privilege dan sekaligus menjadi pengalaman yang sangat berharga. Sebuah testamen terhadap dedikasi, rencana Porsche dan ALD pun tidak terhenti dengan adanya krisis virus corona malah semakin kuat untuk bekerja sama sebagai kolektif. Tentunya, ini adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bagi Teddy Santis, dari yang sebelumnya hanya penggemar Porsche, kemudian diberi kesempatan untuk mengcustom dan me-restorasi Porsche 911 SC yang selalu menjadi signature dari Porsche itu sendiri.




Words by Aldy Kusumah