SADB / Stop A Douchebag (Russia)
Siapa yang menyangka melihat para pelanggar lalu-lintas “dihukum” oleh SADB bisa menjadi tontonan yang enjoyable? SADB adalah grup independen para pejalan kaki Rusia yang menghalangi pengendara mobil/motor yang naik ke trotoar, parkir sembarangan atau mengambil area pedestrian. Mereka tak segan-segan menempelkan stiker besar di kaca depan para pelanggar dan tetap naik ke atas kap mobil jika mobil yang dihalangi tidak mau berhenti. Di Rusia, seorang pengendara yang membawa AK-47 di jalan raya dan seorang pegulat yang membanting pengemudi ke trotoar adalah hal yang lumrah. Ya, basicnya channel ini adalah keseruan melihat orang-orang bertengkar di parkiran dan trotoar. We don’t condone violence, but this is a fun channel



Grandpa Kitchen (India)
Narayana Reddy adalah seorang chef asal India. Kakek tua ini memasak hidangan-hidangan unik berporsi mega-jumbo untuk ratusan orang dengan santai sambil memakai sarung. Hidangan-hidangan ini kemudian dia bagikan ke panti asuhan di seluruh India. Yang menarik di channel ini adalah fakta bahwa team Grandpa Kitchen memasak di outdoor dengan cara tradisional tanpa listrik dan peralatan canggih. Mereka tetap bisa menyajikan Kue Oreo jumbo, 100 pcs mie instan Maggie, Chicken Biryani sampai pizza berdiameter ban mobil truk hanya menggunakan api unggun, kuali jumbo dan oven tradisional dari batu. Semua ini dihadirkan dengan resep yang gampang diikuti juga (jika kamu punya bahannya). Setelah grandpa Narayana meninggal dunia pada tahun 2019 kemarin, kini channel ini diteruskan oleh cucu-cucunya.




Morinone (Japan)
Rupanya menikmati alam bisa dilakukan secara virtual. Subscribe ke channel morinone dan kamu akan disuguhkan dengan video travelling yang menenangkan. Deskripsinya saja: I want to make peaceful, calming videos, and I am so happy when people can feel soothed and healed from watching them. Dengan pemandangan alam daerah pedesaan Jepang yang indah, mengendarai Landcruiser 70 di jalan yang sepi, memasak di hutan, berkemah sendirian di gunung sampai menyeduh kopi manual di dekat air terjun, morinone adalah channel yang unik. Di shoot dengan sinematografi yang keren, dan di edit sendiri, morinone adalah seorang solo traveller yang mendokumentasikan dan menshare pengalamannya untuk para subscribersnya.




Fine Art Tanggol (Indonesia)
Entah darimana kami menemukan channel video ini, tetapi Fine Art Tanggol cukup menarik. Seorang kakek tua yang terlihat seperti guru kungfu dengan rambut putih panjangnya ini melukis alam tepat didepan lokasinya. Nama kakek ini adalah Pak Tanggol Angien, beliau berasal dari Semarang. Untuk yang hobby menggambar atau ilustrasi mungkin banyak ilmu dan teknik-teknik yang bisa kamu pelajari disini, tetapi bagi kami, menonton kakek ini melukis di tengah sawah atau diatas gunung sudah sangat menyenangkan secara ASMR. Ini adalah jawaban Indonesia untuk Bob Ross (Pelukis asal Amerika).




My Analog Journal: Coffee Break Sessions (UK)
Ingin melihat live DJ sambil bersantai dan menyeduh kopi di ruang tamu rumahmu? Segmen Coffee Break Sessions dari channel My Analog Journal cukup menyenangkan untuk disimak. Range musik yang luas dimainkan para DJ handal, dari Japanese City Pop, 70's Czechoslovakian Jazz, Brazilian Grooves, sampai playlist Turkish Female Singers. Sound pun di mix dengan produksi yang memadai, sehingga kamu bisa menikmati sound vinyl obscure yang dimainkan dari turntable dan ampli mahal di layar laptop kamu. 




Adam Savage’s Tested (USA)
Adam Savage adalah seorang builder dari Amerika, dan tampaknya dia sudah membuat semuanya. Dari pistol Hellboy, Topeng dan armor Ironman, Samurai Kill Bill sampai replika lightsaber dari film Star Wars. Semuanya dibikin di garasi pribadi Adam dan semuanya berfungsi! Adam juga berkerja sebagai tim produksi di beberapa film, TV show dan museum. 5 juta subscribers sudah cukup membuktikan kalau channel Adam Savage memang menarik.




Cafe Music BGM Channel (Japan)
Channel ini sangat relaxing. Isinya adalah kumpulan playlist musik original yang bisa menemani kamu berkerja, bersantai atau bahkan menidurkan anakmu. Dirumahmu sedang panas dan kamu ingin menyeduh kopi? Playlist Rainy Jazz: Relaxing Jazz & Bossa Nova bisa menemani kerjamu! Untuk para owner cafe juga bisa menyetel Jazz Hiphop playlist untuk menambah ambient musik latar resto kamu. Anakmu sulit tidur? Setel saja playlist Ghibli Jazz, yang akan menidurkan anak dan orangtuanya sekaligus. This channel has it all.




Chords of Orion (USA)
Pada intinya, Bill Vencil memperkenalkan pedal-pedal gitar asik dan mendemokan beberapa sound ambient untuk para subscribernya. Karena channel-channel video gitaris shredding, galloping dan math-rock chords sudah terlalu banyak, maka Chords of Orion cukup menjadi angin segar bagi kami. Suara Bill dan pembawaannya yang terlihat seperti profesor fisika kuantum ini pun makin membuat videonya enjoyable. Oh ya, dia juga terlihat seperti salah satu karakter Game of Thrones. Hmm…




Amoeba Records: What’s in my Bag (USA)
Amoeba Records adalah salah satu retailer musik terbesar yang menjual vinyl, CD, kaset dan merchandise musik lainnya. Karena pandemi berkepanjangan, beberapa toko Amoeba terancam untuk ditutup atau pindah lokasi. Melihat segmen What’s in my Bag mereka saat ini, tentunya bisa mengembalikan nostalgia serunya digging plat-plat favorit kamu dan berburu rilisan fisik di toko favorit. Karena disaat pandemi kebanyakan dari kita hanya berbelanja via online saja. Ingin melihat plat apa saja yang dibeli Necrobutcher (Mayhem) dan Sunn O)))? Ingin tahu album-album favorit Mac Demarco dan Earl Sweatshirt? Channel ini jawabannya.




Braille Skateboarding (USA)
Untuk kamu yang ingin bermain skate, entah itu amatir atau pro, Braille Skateboarding menyediakan video tutorial trick-trick skateboarding yang cukup komprehensif dan mudah diikuti. Di channel ini kamu akan melihat semuanya, dari trik-trik paling simple untuk pemula sampai trik-trik yang cukup sulit. Ingin belajar fakie kickflip to manual? Hardflip 5 anak tangga? Tontonlah channel ini sebelum kamu berangkat ke skatepark lokal terdekat.




Cinemassacre: Angry Video Game Nerd (USA)
James Rolfe mereview game-game terjelek yang pernah dibuat sebagai pekerjaan utamanya. Selain lucu dan menghibur, editing dan produksi video-video Cinemassacre terbilang cukup niat. James juga cukup dikenal sebagai salah satu kolektor terbesar film-film horror format VHS dan game-game retro, dimana koleksinya mencapai ribuan.




Draco (Japan)
Dalam satu videonya, Pria kurus ini bisa menghabiskan 25 Big Mac, 10kg ramen, sampai 7kg daging di satu piring besar. Rata-rata makanan itu dihabiskan tanpa terburu-buru dengan durasi 20 menitan. Draco pun memakan porsi-porsi raksasa dengan lahap tanpa ekspresi berlebihan, which makes him a terrifying guy. Apakah Draco benar-benar seorang manusia?



[Aldy Kusumah]